PUMP KKP

Pengembangan Usaha Mina Pedesaan Kelautan dan Perikanan

PEMBUDIDAYA DSN. DRUJU – PAGAK PANEN RAYA IKAN JARING SEKAT

Bertempat di tepi Waduk Karangkates tepatnya Dusun Druju Desa Tlogorejo Kecamatan Pagak, Kamis Siang kemarin tanggal 21 Juli 2011, Kelompok Pembudidaya Ikan Jaring Sekat Rukun Jaya melaksanakan Syukuran dalam rangka Panen Raya Ikan hasil Budidaya Jaring Sekat di Bendungan Karangkates..

Acara Syukuran Panen Raya ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan beserta jajarannya, Perwakilan dinas Perikanan dan Kelautan Propinsi Jawa Timur, Perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten Malang, BKP3, Perwakilan dari Kecamatan Pagak, serta tokoh masyarakat sekitar.Kelompok Rukun Jaya memiliki jaring sekat sebanyak 70 unit, dengan masing-masing unit seluas 0,5 Ha dan ditebari benih ikan rata-rata 200.000 s/d 300.000 benih. Adapun masa tabur benih dilakukan antara bulan Desember 2010 –  Pebruari 2011. Sedangkan jenis ikan yang ada di Jaring Sekat tersebut antara lain ikan Nila, Tombro dan Bandeng. Adapun pemasarannya bukan hanya di  wilayah Kabupaten Malang saja melainkan sampai di luar wilayah Kabupaten Malang.

Dalam kesempatan tersebut para Pembudidaya Ikan Jaring Sekat mengharapkan adanya penguatan modal serta pembinaan teknis dari Dinas terkait, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan para pembudidaya ikan.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Malang dalam sambutannya mengharapkan agar para pembudidaya dapat meningkatkan produktivitasnya salah satunya dengan meningkatkan manajemen kelompok, serta meningkatkan pengetahuan tentang cara budidaya ikan yang baik. mulai dari benih, pakan hingga obat-obatan serta pemasarannya. Untuk itu dalam kesempatan disampaikan pula tentang cara-cara pembuatan pakan alternatif.

Penulis: PUMP (Pengembangan Usaha Mina Pedesaan)

Informasi seputar Program PUMP-PB KKP

Komentar ditutup.