PUMP KKP

Pengembangan Usaha Mina Pedesaan Kelautan dan Perikanan

Radar Lampung-CP Prima Optimalkan Potensi Perikanan Lampung

BANDARLAMPUNG – Radar Lampung melihat Lampung memiliki potensi kelautan dan perikanan cukup besar. Yaitu  dengan luas perairan laut 24,820 km persegi atau 41,2% dari wilayah Provinsi Lampung, panjang garis pantai 1.105 km, dan 130 buah pulau kecil. Kemudian, perusahaan tambak udang terbesar di Indonesia yaitu PT CP Prima juga ada di Lampung.

’’Tidak heran jika data Dinas Peternakan dan Kelautan Provinsi Lampung mencatat sejak 2009 hingga kini, Lampung telah menyokong 40% dari total 348.100 ton produksi ikan nasional per tahunnya,” terang General Manager Radar Lampung Purna Wirawan, S.E.Namun, tukasnya, itu belum seberapa dibandingkan potensi produksi perikanan yang sebenarnya dimiliki Lampung. ’’Sebab untuk produksi perikanan tangkap saja, provinsi ini diperkirakan bisa mencapai 388 ribu ton per tahun. Ini belum termasuk produksi perikanan hasil budi daya ternak.  Ini artinya dari potensi yang ada, baru 41 persennya diproduksi selama ini,” tandasnya.

Untuk itulah, Radar Lampung bekerja sama dengan PT CP Prima berinisiatif mengadakan Seminar Daerah Mengoptimalkan Potensi Perikanan di Provinsi Lampung. ’’Seminar gratis bagi umum ini juga dalam rangka mewujudkan target pemerintah Indonesia sebagai negara produsen ikan terbesar di dunia pada 2015 sebagaimana dicanangkan Kementerian Kelautan dan Perikanan,” tuturnya.

Seminar dengan support penuh PT CP Prima berlangsung hari ini (1/12) di Omega Room Grandf Anugerah Hotel Bandarlampung. Hadir sebagai pemateri Dr. Ir. Bambang Widigdo dari PT CP Prima Tbk., Siti Hudaidah, S.Pi., M.Sc. (Fakultas Pertanian Unila), serta Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung. (c3/rim) Sumber Radarlampung.co.id

Penulis: PUMP (Pengembangan Usaha Mina Pedesaan)

Informasi seputar Program PUMP-PB KKP

Komentar ditutup.