PUMP KKP

Pengembangan Usaha Mina Pedesaan Kelautan dan Perikanan

Aceh Ekspor Produk Olahan Ikan

Banda Aceh – Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Aceh menargetkan sudah mengekspor ikan olahan ke luar negeri pada 2012, menyusul pesatnya perkembangan bisnis perikanan di daerah itu sejak beberapa tahun terakhir.

Cut Wirna, Kepala Bidang Pengolahan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Aceh, Selasa (13/12) kemarin, mengatakan beberapa tahun terakhir usaha pengolahan ikan di daerah itu sangat berkembang, tetapi sampai saat ini masih di pasar antarprovinsi.

“Pada 2011, sudah kami siapkan pemasaran antarprovinsi, target kami pada 2012, ikan olahan dari Aceh bisa dipasarkan keluar negeri,” ujar Cut Wirna.

Dia mengemukakan untuk mencapai target itu, pihaknya akan berupaya meningkatkan kualitas ikan olahan, baik dari segi teknologi makanan, maupun dari kebersihan. Pihaknya juga berupaya membantu pelaku bisnis perikanan olahan menambah diversifikasi produk.

Pada 2010, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Aceh, hanya mengolah dua jenis produk makanan dariikan, yaitu abon dan dedeng. Pada tahun ini, pihaknya sudah mulai memproduksi ikan olahan bentuk lain, seperti kerupuk, bakso, dan teri kering untuk dipasarkan keluar negeri.

“Modifikasi olahan ikan ini terus kami tingkatkan, sesuai dengan pasaran di pasar. Nilai jual produk ikan ini tinggi, di lua negeri dan di pasar dalam negeri,” tambahnya.

Lebih jauh, dia menjelaskan ekspor produk ikan olahan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, mulai dari tingkat nelayan, pelaku usaha industri pengolahan makanan, hingga pada pedagang. Sumber : Harian Aceh.com

Penulis: PUMP (Pengembangan Usaha Mina Pedesaan)

Informasi seputar Program PUMP-PB KKP

Komentar ditutup.