PUMP KKP

Pengembangan Usaha Mina Pedesaan Kelautan dan Perikanan

GUBERNUR AJAK UNRAM GAUNGKAN NTB MELALUI JURNAL

Tinggalkan komentar

Mataram, 2/10 (ANTARA) – Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Majdi mengajak civitas akademika Universitas Mataram menggaungkan potensi dan keunggulan daerah melalui jurnal nasional dan internasional sehingga bisa dikenal luas dan mengundang perhatian dunia.
“Bahan tulis demikian banyak di daerah. Apalagi NTB ini terbagi dalam dua pulau besar, yakni Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Ada keunggulan dan keunikan yang bisa dieksplorasi dan dipadukan dalam sebuah tulisan ilmiah. Hal itu tidak sulit untuk dilakukan yang penting ada komitmen,” katanya di Mataram, Selasa.
Hal itu dikatakannya di hadapan Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof H Sunarpi PhD dan para anggota senat Unram yang menghadiri rapat senat terbuka dalam rangka Dies Natalis Unram ke-50.
Kegiatan itu juga dirangkaikan dengan pemberian piagam penghargaan kepada 57 dosen dan pegawai negeri sipil (PNS) lingkup Unram yang sudah menyelesaikan program pasca sarjana (S2) dan doktoral (S3) di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, dan luar negeri.
Gubernur lulusan Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir, itu meyakini bahwa otak dan kemampuan para peneliti Unram tidak kalah dengan perguruan tinggi lainnya, baik yang ada di Indonesia, maupun di luar negeri.
Unram, menurut dia, sudah saatnya mampu bertanding tidak hanya dengan kompetitor lokal atau regional, tetapi dengan perguruan tinggi berkelas dunia. Semua itu bisa dilakukan jika semua civitas akademika Unram berkomitmen kuat.
“Saya akan selalu bersama dengan civitas akademika Unram berikhtiar untuk memajukan universitas unggulan NTB ini menjadi perguruan tinggi berkelas dunia pada 2025,” ujarnya.
Rektor Unram Prof H Sunarpi PhD mengatakan, karya tulis ilmiah yang dihasilkan para peneliti di kampusnya memang cukup sulit untuk bisa dimuat di jurnal internasional karena berbagai kendala, salah satunya adalah bahasa dan karakteristik karya ilmiah.
Dari ratusan karya tulis ilmiah yang dihasilkan para peneliti Unram setiap tahun, yang mampu menembus jurnal internasional kurang dari satu persen. Kondisi itu tentu harus menjadi perhatian bersama mengingat Unram sudah menyusun rencana menjadi perguruan tinggi berkelas dunia pada 2025.
Berbagai upaya sudah dilakukan agar karya tulis ilmiah bisa dipublikasikan di jurnal internasional. Salah satunya mendatangkan dosen tamu dari India dan New Zealand untuk membantu dalam hal penterjemahan bahasa ilmiah.
“Kami juga melakukan inventarisasi karya tulis ilmiah setelah itu dievaluasi, mana kira-kira yang layak dipublikasikan di jurnal nasional dan mana di jurnal internasional,” ujarnya.
(*)

Sumber : Antaranews.com

Penulis: PUMP (Pengembangan Usaha Mina Pedesaan)

Informasi seputar Program PUMP-PB KKP

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s