PUMP KKP

Pengembangan Usaha Mina Pedesaan Kelautan dan Perikanan

NTB Upayakan Hari Nusantara dengan HUT NTB

Tinggalkan komentar

Mataram, 1/8 (ANTARA) – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berupaya memadukan puncak pelaksanaan Hari Nusantara 2012 tingkat nasional dengan HUT ke-54 Pemprov NTB, pada 17 Desember mendatang.
“Sebenarnya puncak peringatan Hari Nusantara ditetapkan 13 Desember, namun kami (NTB) upayakan digelar bertepatan dengan HUT Pemprov NTB, 17 Desember,” kata Kabag Humas dan Protokoler Setda NTB Tri Budiprayitno, di Mataram, Rabu.
Juru Bicara Pemprov NTB itu mengatakan, dalam pertemuan pemantapan pelaksanaan Hari Nusantara, yang digelar di Jakarta, awal Juli lalu, terungkap keinginan panitia pusat untuk menyesuaikan puncak pelaksanaan Hari Nusantara tingkat nasional berdasarkan hari kerja awal atau Senin.
Tanggal 13 Desember 2012 jatuh pada hari Kamis, sehingga akan diundur menjadi Senin (17/12).
“Tentu saja kami (NTB) setuju sekali kalau puncak peringatan Hari Nusantara 2012 itu akan bertepatan dengan HUT ke-54 Pemprov NTB, 17 Desember itu,” ujarnya.
Peringatan Hari Nusantara jatuh setiap tanggal 13 Desember, dan mulai diperingati sejak 1999. Secara resmi Hari Nusantara telah ditetapkan Pemerintah melalui Keppres No.126/2001.
Penetapkan tanggal Hari Nusantara merujuk pada pernyataan Perdana Menteri H Djuanda yang disampaikan pada tanggal 13 Desember 1957, pernyataan ini selanjutnya dikenal dengan nama Deklarasi Djuanda.
Dalam deklarasi tersebut, Indonesia berhasil menambah luas teritorial menjadi 12 mil dan Zone Economic Exclusive, yaitu bagian perairan internasional namun Indonesia mempunyai hak berdaulat untuk memanfaatkan sumber daya alam termasuk yang ada di dasar laut dan di bawahnya serta Landas Kontinen sejauh 300 mil.
Deklarasi Djuanda merupakan dasar bagi Indonesia menjadi Negara Kepulauan (archipelagic state) guna mewujudkan konsep Wawasan Nusantara NKRI.
Karenanya, peringatan Hari Nusantara harus menjadi spirit untuk mencegah disintegrasi bangsa dan menjaga serta membangun NKRI menjadi lebih baik.
Penyelenggaraan peringatan Hari Nusantara yang dilaksanakan setiap tahun, pelaksanaannya digilir dari daerah Indonesia Barat ke wilayah Indonesia Timur. Tahun ini di Lombok, NTB.
Tri mengatakan, sesuai rencana Pulau Bungin yang terletak di Kecamatan Alas, kabupaten Sumbawa, NTB, akan dikunjungi banyak orang karena pulau itu merupakan salah satu ‘venue’ puncak peringatan Hari Nusantara 2012 tingkat nasional.
Dalam rencana kegiatan, pantai Labuhan Haji di Kabupaten Lombok Timur, merupakan lokasi utama pelaksanaan kegiatan nasional itu.
Di lokasi itu akan ada defile kapal yang salah satu rutenya di perairan Pulau Sumbawa, sehingga memungkin melintasi perairan dekat Pulau Bungin.
“Makanya, Pulau Bungin itu akan ditata sedemikian rupa akan berciri khas dan menjadi objek wisata budaya sehingga menarik untuk dikunjungi peserta Hari Nusantara yang berasal dari berbagai provinsi,” ujarnya.
Salah satu sasaran penataannya, kata Tri, yakni dermaga apung dan jalan apung sepanjang 2 mil dari bibir pantau Pulau Sumbawa. Dermaga dan jalan apung itu dibangun sejak 2006 dan kini sudah mulai rusak.
Warga yang menggunakan jalan apung itu membutuhkan waktu sekitar 25 menit dari bibir pantai Pulau Sumbawa. Jika menggunakan perahu motor sekitar 15-20 menit.
Sementara Pulau Bungin dijuluki pulau terpadat di dunia karena luasnya hanya tujuh hektare namun dihuni oleh 708 Kepala Keluarga (KK) atau 3.045 jiwa.
Pulau dengan kepadatan penduduk empat orang per 100 meter persegi itu rentan konflik sosial atau terlibat berbagai permasalahan sosial. (*)

Sumber : www. antaranews.com

Penulis: PUMP (Pengembangan Usaha Mina Pedesaan)

Informasi seputar Program PUMP-PB KKP

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s